Welcome to
" RIVAN UP "

Please wait

Translate

Kamis, 04 April 2013

Asus HD 7790 DirectCU II OC



Jakarta - Meski dua nama besar produsen pengolah grafis ternama Nvidia dan AMD selalu menonjolkan kinerja terbaik kartu grafis melalui produk flagship-nya, namun sejatinya konsumer terbesar kartu grafis justru berada di segmen mainstream yang dihuni produk kartu grafis kelas menengah.

Seperti yang dilakukan AMD, demi memperkuat lini produk pada segmen
mainstream, pabrikan asal Sunnyvale, California, AS itu meluncurkan karu grafis mainstream terbarunya yang kali ini mengusung seri HD 7790.



Namun meski masih termasuk keluarga Radeon HD 7000, kinerja pengolah
grafis Radeon HD 7790 tidak dapat dipandang sebelah mata. Karena melalui pengujian yang dilakukan detikINET, kinerja kartu grafis Asus yang mengusung tipe HD 7790 DirectCU II OC itu menempel ketat Radeon HD 7850 yang satu level di atasnya.

Penasaran seperti apa kinerja yang mampu disajikan oleh kartu grafis
seharga USD 160 atau sekitar Rp 1,55 jutaan tersebut.


Spesifikasi Terbaik di Kelasnya



Berbeda dengan produk kartu grafis seri HD 7000 sebelumnya yang kesemuanya dipersenjatai oleh core Cape Verde, HD 7790 dibekali oleh AMD dengan core terbaru yang kali ini mengusung nama Bonaire.

Bila core Cape Verde menghadirkan 640 core shader dan 40 TMU, maka core Bonaire lebih tinggi lagi karena mampu menghadirkan 896 core shader dan 56 TMU. Selain itu AMD juga membekali HD 7790 dengan kecepatan RAM yang lebih tinggi yakni 1500 MHz. Fitur GCN yang jadi andalan terbaru AMD pada produk kartu grafis terbarunya juga tidak luput disematkan pada HD 7790.


Namun Asus sebagai pembesut HD 7790 DirectCU II CU tidak cukup puas dengan kecepatan clock standar sebesar 1000 MHz dan kecepatan RAM standar sebesar 1500 MHz yang dimiliki oleh HD 7790. Produsen asal Taiwan tersebut meng-overclock kecepatan clock-nya menjadi 1075 MHz, begitu juga kecepatan RAM yang naik menjadi 1600 MHz.

Overclock tentu berujung panas yang lebih tinggi. Tenang saja, karena Asus telah mangantisipasi peningkatan panas yang terjadi dengan mengaplikasikan sistem pendingin garapannya menggantikan sistem pendingin bawaan HD 7790.

Mengusung nama yang disebutnya DirectCU II, Asus menyematkan dua buah kipas berukuran 80 mm yang ditopang oleh penggunaan heatpipe. Selain tingkat kebisingan yang lebih rendah, kombinasi tersebut juga diklaim Asus mampu menurunkan suhu GPU hingga 20 persen lebih dingin dibanding sistem pendingin bawaan.


Dikutip dari: Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar